Aneka Ragam Kuliner Khas Jawa, Sudah Pernah Coba

Indonesia adalah negara kepulauan dengan banyak pulau dan kebudayaan yang berbeda-beda. Setidaknya ada 2000 lebih makanan khas nusantara yang bisa kamu coba selagi masih ada di negara Indonesia. Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki berbagai makanan khasnya sendiri yang menonjolkan kebudayaan dan ciri masyarakatnya. Masakan nusantara yang sering banyak menyita perhatian perhatian dunia adalah masakan Jawa. Daerah Jawa memang merupakan perkumpulan semua bentuk keudayaan masyarakat Indonesia, dari orang sabang sampai merauke semua ada di Jawa, oleh sebab itu perkembangan masakan Jawa juga banyak terpengaruhi oleh kebudayaan para perantau yamg datang ke Jawa. Namun sekuat apapun modernisasi mengepung Jawa masakan tradisional tetap memiliki tempat berkesan tersendiri di hati masyarakatnya. Berikut ini adalah beberapa contoh makanan khas dari Jawa yang mungkin sudah pernah kamu temui tapi masih belum tau namanya.

  • Rujak cingur yang lezat

Sebagian dari kamu pasti sudah sering menemukan makanan ini festival wisata yang ada di daerahmu. Kuliner rujak cingur adalah kuliner khas yang paling terkenal dari Jawa Timur. Pasti banyak dari kalian yang penasaran ingin mencoba tapi ragu dengan rasanya. Cingur sendiri adalah mulut sapi, rujak ini memang sedikit berbeda dengan rujak pada umumnya. Rujak ini terdiri dari potonganbuah-buahan segar, sayur mayor segar, potongan tahu, yang diberi cingur atau mulut sapid an tentunya bumbu rujak khas Jawa Timur. Perpaduan petis dan bahan-bahan sambel menyatu dengan rujak yang segar dan nikmat. Untuk kamu yang masih ragu mencobanya, sayang banget kalau melewatkan kuliner satu ini. Apalagi jika kalian sedang berkunjung ke Surabaya, makan makanan dari asalnya rasanya akan lebih sempurna dan nikmat.

  • Nasi Gandul

Nasi gandul sekarang ini sudah dijual di beberapa kota yang ada di Jawa. Seiring perkembangan zaman peminat nasi gandul semakin banyak sehingga membuat nasi satu ini mulai dijual di luar kota asalnya. Nasi gandul sendiri adalah makanan khas Pati Jawa Tengah. Nasi gandul biasa disajikan di atas potongan daun pisang yang disesuaikan besarnya dengan mangkuk. Yang menjadikan nasi gandul istimewa adalah kuah santannya yang terbuat dari bumbu kuning. Di Jawa bumbu kuning sendiri merupakan salah satu resep untuk membuat olahan makanan yang lezat dan nikmat. Selain kuahnya masih ada telur dan potongan daging sapi yang besar-besar siap memuaskan rasa laparmu. Makan nasi gandul satu porsi pasti rasanya masih kurang dan ingin nambah lagi.

  • Gudeg Jogja yang tidak ada duanya

Nah kalau makanan satu ini pasti semua juga sudah tau ya. Gudeg jogja bisa dibilang merupakan salah satu makanan ikonik di jogja, hukumnya wajib bagi para wisatawan yang datang ke jogja untuk mencobanya. Di jogja sudah banyak sekali tempat makan gudeg yang bisa kamu temui. Sentra gudeg di jogja salah satunya ada di daerah Jakal samping gedung pusat UGM. Sepanjang jalan kamu bisa memilih gudeg mana yang akan kamu coba. Jika ingin menikmati santapan gudeg dengan lebih nikmat kamu bisa memilih malam hari sebagai waktu yang pas untuk kulineran di kota istimewa ini. Gudeg yang dijual di kaki lima tak kalah rasanya jika dibandingkan gudeg besar yang sudah punya nama. Bahkan terkadang rasanya lebih nendang dan porsinya lebih mengenyangkan. Untuk kamu yang tidak suka manis, kamu bisa minta tambahan cabe rawit untuk menambahkan cita rasa pedas di gudegmu.

Isabella

Posted by Isabella

Traveler, Students

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *