Oleh-oleh khas Yogyakarta Murah dan Enak

Mengunjungi suatu tempat baru rasanya kurang lengkap jika pulang tanpa membawa oleh-oleh untuk keluarga dirumah. Oleh-oleh tempat wisata menjadi satu barang yang wajib dibawa sebagai pelepas rindu juga ketika kamu rindu pulang dari tempat tersebut ada makanan khasnya yang bisa membuatmu senang. Jika dari kalian ada yang sedang berencana untuk pergi liburan ke Yogyakarta, sayang banget kalau pulang tanpa membawa buah tangan olahan tangan dari masyarakat Yogyakarta. kota yang terkenal dengan makanan gudegnya ini juga masih mempunyai banyak makanan khas lain yang bisa kamu jadikan pilihan sebagai buah tangan saat pulang ke rumah. Jangan khawatir kehabisan ide, di Yogyakarta semuanya ada, nah untuk kamu yang masih bingung mau membawa apa, mungkin makanan-makanan di bawah ini bisa jadi alternatif pilihanmu.

  1. Bakpia kering maupun basah

Tidak ke jogja kalau pulang tanpa membawa pulang bakpia, makanan satu ini rasanya pas banget di mulut orang Indonesia. Bakpia sudah ada di Yogyakarta sejak dahulu kala, makanan ini bisa dibilang sebagai sentra ekonomi yang tua di yogya. Sekarang seiring perkembangan zaman jenis bakpia di yogya semakin beragam. Ada bakpia kering da nada bakpia basah, rasa da nisi yang ada di dalam bakpia juga semakin banyak. Dahulu rasa bakpia hanya kacang hijau saja. Untuk kamu yang lebih senang dengan masakan yang dikukus, bakpia juga sudah ada yang cara penyajiannya dengan kukus. Senangnya lagi bakpia dijual dengan harga yang relatif murah, jadi kamu tidak perlu takut dengan harga yang mahal. Pulang ke rumah kamu bisa membawa 2 dus bakpia untuk keluarga di rumah.

  1. Tasuba yang enak dan mengenyangkan

Tahu bakso juga ada lo di Yogyakarta, bukan hanya Sumedang dan Semarang saja yang mempunyai kuliner tahu bakso. Tahu bakso di Yogya cenderung lebih besar dengan tekstur yang lebih kenyal, ini karena ada campuran susu dalam tahu bakso Yogyakarta. Tasuba yang ada di Yogyakarta juga dibuat tanpa adanya pengawet jadi aman dikonsumsi untuk anak-anak, walaupun tanpa pengawet tasuba bisa tahan sampe 4 bulan, rekomendasi banget kan untuk kan.

  1. Walang goring yang renyah

Kuliner satu ini tampaknya sedikit ekstrim bagi kebanyakan orang, namun jangan salah makanan satu ini bisa jadi membuat kamu ketagihan. Belalang atau warung goring sendiri merupakan makanan khas dari Gunung Kidul Yogyakarta. Jika kamu berkesempatan untuk mengunjungi salah satu pantai yang ada di Gunung Kidul maka di sepanjang perjalanan kita akan melihat deretan pedagang yang menjajakan cemilan belalang atau walang goring ini. Untuk kamu yang belum pernah mencoba hati-hati ya, tidak semua  orang bisa tahan dengan makanan satu ini, jika dirasa kamu mempunyai alergi sebaiknya tidak usah mencobanya. Harga satu kotak walang goring hanya berkisar 10 sampai 15 ribu rupiah saja.

  1. Wedang uwuh

Wah minuman satu ini pasti akan membuatmu ketagihan saat sudah mencobanya, minuman satu ini memang terkesan sedikit mahal. Namun tetap saja banyak wisatawan yang menyerbu wedang uwuh ini dan rela pre order lo atau melalui jasa titip. Itu karena khasiat wedang uwuh yang menghangatkan badan dan menambah stamina bagi tubuh kita. Bagaimana sekarang sudah tidak bingung lagi ya kalau mau cari oleh-oleh saat berwisata ke jogja. Jangan lupa sesuaikan budget dengan oleh-oleh yang dibeli ya, jangan besar pasak daripada tiang.

Isabella

Posted by Isabella

Traveler, Students

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *